Minggu, 17 Januari 2010

Reklamasi pemboran lepas pantai [oil rig]






REKLAMASI PEMBORAN LEPAS PANTAI
(RECLAMING OIL RIGS)

APA ITU OIL RIG?

Spoiler for oil rig adalah..:
Oil Rig adalah sebuah struktur besar yang digunakan sebagai tempat pekerja dan mesin yang dibutuhkan untuk mengebor dan memproduksi minyak dan gas alam di laut. Tergantung keadaan, platform dapat menempel ke dasar alut, terdiri dari sebuah pulau buatan, atau mengambang. Biasanya, platform minyak terletak di continental shelf namun dengan berkembangnya teknologi, pengeboran dan produksi di perairan yang dalam dapat dilakukan dan juga menguntungkan. Platform umumnya memiliki sekitar 30 "wellhead" yang terletak di platform dan pengeboran terarah mengijinkan persediaan diakses di kedalaman berbeda dan posisi yang jauh sampai 5 mil (8 kilometer) dari platform. Banyak platform juga memiliki wellhead yang jauh disambung oleh hubungan umbilical, ini dapat berupa sumur tunggal atau pusat "manifold" untuk banyak sumur.

GAMBAR OIL RIG
Spoiler for gambar2 oil rig gan:

Spoiler for 1:

Spoiler for 2:

Spoiler for 3:


JENIS-JENIS OIL RIG
Spoiler for jenis-jenis oil rig:

Keterangan gambar diatas dari kiri ke kanan:
1. Land Rig
2. Steel Jacket Platform (Kedalaman kurang dari 300 m)
3. Jack Up Rig ( Kedalaman kurang dari 110 m)
4. Semisub Rig (Kedalaman 90 m – 760 m)
5. Drill Ship (Kedalaman lebih dari 2800 m)
6. Tension Leg Platform (Kedalaman lebih dari 300 m)

CARA REKLAMASINYA ????
Spoiler for cara reklamasi:

<>
Di Teluk Meksiko, Amerika Serikat, ada sekitar 4000 rig yang kemungkinan akan mangkrak (tak digunakan) sampai abad depan, karena aktifitas pengeboran sudah usai. Jika rig-rig itu mau diambil atau dibongkar, membutuhkan biaya besar dan bahkan kemungkinan akan membunuh kekayaan hayati laut. Maka Morris Architects menawarkan untuk mengubah rig-rig itu menjadi hotel yang sekaligus sebagai daya tarik wisata.
Kamar-kamar hotel dibuat dari kompartemen-kompartemen khusus yang sudah dirancang dan dibuat di darat, kemudian tinggal membawanya dengan kapal pengangkut yang besar ke tengah laut untuk dipasangkan pada rig-rig yang ada, sebuah cara yang cukup efisien karena bisa menekan biaya.
Rig hotel ini bisa dicapai lewat udara dan laut, di situ ada fasilitas helipad dan juga dermaga untuk parkir boat atau yacht. Hotel ini juga dilengkapi sekoci sebagai perahu penyelamat jika terjadi bencana atau kecelakaan, layaknya tangga darurat pada bangunan di darat. Rig hotel ini juga mampu membangkitkan energi sendiri dengan turbin listrik yang digerakkan kincir angin yang menjulang tinggi di atas hotel, mengandalkan hembusan angin Teluk Meksiko yang keras.
Setiap rig bisa menyediakan dek dengan luasan sekitar 20.000 meter persegi, yang memungkinkan untuk membuat banyak fasilitas untuk menghibur para tamu hotel yang datang. Terdiri dari 300 kamar, dilengkapi dengan convention hall dan ballroom, juga fitness center dan spa, kolam renang, shopping center, casino, pelatihan selam, olahraga air dan lain-lain.
Sebuah gagasan yang cerdas di mana hotel pun sudah mulai merambah laut lepas, bisa saja suatu saat nanti bisa dibangun di dalam laut, mirip dongeng Atlantis yang sering kita baca dari cerita-cerita fiksi-ilmiah.

HASILNYA...
Spoiler for hasil reklamasi:

Spoiler for oil rig hotel:

Spoiler for desain kamarnya:

Spoiler for desain full 1:

Spoiler for desain full 2:




sumber :http://kaskus.us/showthread.php?t=2717170

www.wijayafm.blogspot.com