Jumat, 15 Januari 2010

MU Bangkrut, Old Trafford Dijual


Meski terus sukses dalam beberapa kompetisi, Manchester United (MU) ternyata dalam keadaan krisis dan terancam kebangkrutan. Bahkan, Stadion Old Trafford pun kemungkinan akan dijual untuk menutup utang klub.

Saat membeli klub ini pada 2005, keluarga Glazer menyatakan tak mungkin menjual Old Trafford. Namun, kini setelah utang klub mencapai 700 juta pounds (sekitar Rp 10,4 triliun), keluarga Glazer mulai merencanakan penjualan tempat latihan dan stadion.

MU juga sudah mulai menjual obligasi. Diharapkan, dari penjualan itu akan terkumpul dana 500 juta pounds (sekitar Rp 7,4 triliun). Namun, jikapun dana itu tercapai, rencana penjualan Old Trafford tak serta-merta berhenti.

Menurut Daily Mail, MU juga sudah kehabisan uang. Mereka kemungkinan tak bisa membeli pemain pada Januari ini maupun Juni nanti. Bahkan, kemungkinan MU akan kembali menjual beberapa pemain bintangnya.

Jika sampai Old Trafford dijual, maka akan menjadi pukulan psikologis sangat berat. Sebab, stadion itu seperti separuh dari citra dan identitas klub. Namun, kemungkinan keluarga Glazer akan memprioritaskan menjual tempat latihan di Carrington terlebih dulu.

Parahnya ekonomi MU itu semakin mengkhawatirkan pendukungnya. Selain stadion terancam terjual, para bintang lebih terancam dijual. Wayne Rooney merupakan bintang yang sangat mungkin dijual. Apalagi, dia sudah diminati Real Madrid. Sejauh ini, Rooney dihargai MU 70 juta pounds (sekitara 1,04 triliun).

sumber: kompas.com

www.wijayafm.blogspot.com