Minggu, 17 Januari 2010

Asal usul sabun






kita semua pasti pake benda yang satu ini tiap hari...


ya kan, gan... kecuali kalo agan mandinya seminggu sekali...

ni ada info tentang asal usul kata sabun, gan...

sumber

cekidot

Ternyata sabun sudah lama sekali dikenal. sejak tahun 2800 SM pada masa Romawi kuno.
Konon, kata sabun/soap/sapo itu berasal dari nama sebuah Gunung. Tentu saja bukan Gunung Merapi ataupun Gunung Sindoro, nama gunung tersebut adalah Gunung Sapo. Dulu di gunung ini sering dilaksanakan acara keagamaan dengan mengorbankan binatang. Dan malangnya, binatang yang dijadikan korban adalah Kambing. Tak ada penjelasan lebih lanjut kenapa memilih kambing, bukan harimau apalagi cicak. Lalu lemak dari kambing tadi bercampur dengan abu kayu dan akhirnya menghasilkan sabun.

Spoiler for gunung sapo:


Penasaran dengan cara dan proses pembuatannya?. Tenang.. berikut ada sedikit tutorial singkatnya :

* Panaskan terlebih dahulu batu kapur untuk menghasilkan kapur.

* Kapur yang dibasahkan ditaburkan keatas abu kayu yang masih panas, aduk sampai rata.

* Dengan sebuah sekop, masukkan kapur tadi kedalam sebuah bejana berisi air panas dan tambahkan beberapa potong lemak kambing kedalamnya. * sekop ternyata sudah ada dari jaman sebelum masehi *

* Didihkan selama beberapa jam

* Setelah lapisan buih berwarna cokelat kotor yang tebal terbentuk di permukaannya, dinginkan agar menjadi keras

* terakhir, potong-potong lapisan keras tadi dan siap disajikan. *kok kayak lagi bikin puding ?

Begitulah proses awal pembuatan sabun. Beruntung kita sekarang hidup di jaman peradaban baru. Andai saja kita hidup di tahun Sebelum Masehi, waduh.. gak kebayang kalau harus bikin sabun sendiri. Belum lagi direpotkan mesti berburu mencari kambing.

*
Spoiler for cara pembuatan:


tambahan...

pada awalnya diciptakan, sabun tidak berbusa. alkisah, pada tahun tahun 1879, secara nggak sengaja seorang pekerja pabrik pembuatan sabun, meninggalkan mesin pembuat sabun dengan keadaan menyala saat dia makan siang. Nah, kecerobohannya ini menyebabkan sabun yang diproduksi tadi bercambur dengan unsur udara. Karena nggak ada perubahan sama sekali, akhirnya sabun tadi tetap beredar dipasaran. Kehebohan pun langsung terjadi.. sabun yang udah bercampur dengan udara saat digosokkan ke tubuh jadi banyak busanya! Dan yang bikin nggak nyangkanya lagi, konsumen justru sangat suka dengan sabun yang seperti itu! Akhirnya sabun berbusa tersebut diproduksi secara massal dan diberi nama Ivory, yang kemudian disukai diseluruh dunia.

Spoiler for iklan sabun berbusa yang pertama kali:


bentuk sabunnya
Spoiler for sabun ivory:



sabun masa kini

Spoiler for sabun batang:


Spoiler for sabun cair:


Bonus nihh

Spoiler for gelembung sabun:




sumber :http://kaskus.us/showthread.php?t=3164535

www.wijayafm.blogspot.com