Selasa, 17 November 2009

Menyulap Pelepah Kelapa Jadi Kap Lampu Unik







Badung: Pelepah kelapa dibuat benda seni, mungkinkah? Di tangan sejumlah seniman Bali, semua menjadi mungkin. Tengok saja Imam Babussalam, lelaki ini bisa membuat pelepah kelapa yang dianggap sampah menjadi kap lampu nan menawan dan bernilai seni tinggi.


http://1.bp.blogspot.com/_vnQkkukmKR0/SwMsoROKzRI/AAAAAAAADUE/YRAd2foALMA/s1600/091116blampu.jpg

Tangan kreatif memang selalu menghasilkan sesuatu yang inovatif. Pelepah kelapa, misalnya. Di tangan ahlinya, pelepah yang dianggap sampah ternyata bisa dibuat kap lampu yang tidak saja menawan tetapi berseni tinggi.




Usaha ini berawal dari ketidaksengajaan. Sebelumnya Imam memang telah merintis usaha kap lampu, namun terbuat dari bahan fiber dan plastik pada 2003. Hanya saja, mahalnya bahan baku membuat Imam tidak berkutik. Tanpa sengaja, ia melihat banyak pelepah pohon kelapa yang dibuang begitu saja di sekitar kebun kelapa. Otak kreatifnya pun tergerak. Kap lampu pelepah kelapa pun dibuat dan hasilnya terlihat unik serta alami.

Tak hanya terbebas dari biaya membeli bahan baku, Imam pun kini bisa mengeruk rupiah cukup lumayan. Dalam sebulan dengan dibantu tiga pekerja, 250 kap lampu dihasilkan bengkel ini. Harga jualnya berkisar Rp 60 ribu hingga Rp 300 ribu per buah sesuai ukuran lampu.



sumber :http://berita.liputan6.com/ekbis/200911/251223/Menyulap.Pelepah.Kelapa.Jadi.Kap.Lampu.Unik

www.wijayafm.blogspot.com